Laman

Sabtu, 26 April 2014

pengalaman interview di PT. mulia jaya(macho group) dan PT Raxindo (rajawali karya expansindo)

okay here the story, beberapa waktu yang lalu saya melamar ke kedua perusahaan yang namanya sudah saya paparkan jelas di judul. info lowongan saya dapat  dari kantor pos pusat. saya tidak curiga sedikit pun tentang kedua perusahaan ini karna mengimi-imingi pembukaan cabang baru jadi wajar menurut saya membutuhkan banyak karyawan.karena ada posisi yang saya minati akhirnya saya kirimkan lah berkas lamaran saya salah satunya lewat pos dan satunya saya titipkan dengan teman yang mau mengirimkan lamaran juga. selang beberapa hari saya mendapat sms panggilan interview yang pertama saya dapat dari PT mulia jaya di awal saja saya sudah merasa janggal karena sms panggilan interview ini datang pada hari minggu pukul 20.00 WIB. padahal selama saya mendapat panggilan interview dari perusahaan-perusahaan yang pernah saya ikuti sms/telp/email selalu datang diwaktu worktime and workdays. sms ini berisi bahwa saya diundang untuk datang interview di hari senin jam 08.00WIB dengan menggunakan baju hitam putih. dan kesalahan saya adalah saya tidak gugling mencari tau kekredibelan perusahaan ini. besoknya pada hari senin datanglah saya memenuhi undangan perusahaan macho ini. pertama-tama saya disambut dengan keramahan admin, saya kira begitu karena dia berada di depan dan sepertinya menangani pengurusan berkas dan surat menyurat kantor terlihat dari tumpukan beberapa map di mejanya. pertama saya disuruh mengisi semacam form yang berisi pertanyaan mengenai macam-macam pekerjaan dan saya disuruh menjawab dengan penjelasan mengenai pekerjaan tersebut. saya diberi waktu 20 menit untuk menjawab 9 posisi pekerjaan dan deskripsinya. lembar form ini adalah lembar fotokopi yang sangat buram dan hitam seperti tidak niat mereka mencari tempat fotokopi yang berkualitas lebih baik. saya isi sekenanya saja setau saya dan saya gunakan kemampuan saya mengarang bebas untuk memanjang-manjangkan jawaban. setelah selesai saya kumpulkan ke si admin dan saya disuruh menunggu sementara si admin masuk kebagian dalam kantor. kantornya sendiri adalah ruko yang disekat-sekat untuk membagi tiap ruangan dan sepenglihatan saya di lantai bawah dibagi menjadi 3 saya menunggu di bagian paling depan. lama sekali saya menunggu mungkin sekitar 20 menit saya menunggu sendirian oh iya saya hanya sendirian yg mengikuti interview ini sambil menunggu saya gugling dan saya mendapat sebuah blog yang membahas tentang kobra lalu di bagian komentar ada yang menyebut macho grup ini. fix saya mau kabur dari perusahaan ini. setelah menunggu yang sangat lama saya sudah mulai kesal dan memikirkan cara terbaik untuk kabur saya disuruh masuk keruangan belakang dan menjumpai hrd nya dengan muka yang sudah tidak enak saya ikut saja. si hrd ini menjelaskan bahwa hari ini saya akan ikut 3 test pertama interview, 2 PSIKOTES PRAKTEK, 3 TEST INTERVIEW. dan test psikotes yang dimaksud si mbak hrd ini adalah survey 50 kk di daerah yang 1 jam jauhnya dari pusat kota. dan saya hanya akan mendampingi dan melihat2 seorang rekan yang katanya melakukan test ini untuk dapat naik jabatan ke asst manager. saya bertanya survey apa? bagaimana? dan lain-lain tp mereka berkelit dan menyuruh saya langsung ikut saja. yang paling mencengangkan saya adalah survey ke daerah itu menggunakan motor saya i think they're kidding me. lalu dengan basa basi mereka menawari saya sarapan saya pun ikut-ikut saja di tempat sarapan ketika si laki-laki ini masuk dan memesan saya tinggalkan dia dan saya kabur pulang kerumah. sorenya saya disms oleh raxindo untuk mengikuti test dan saya datang-datang saja sebelumnya saya sudah gugling tp tidak terlalu membuahkan hasil karena ada banyak perusahaan bernama raxindo. tp ada satu blog yang menjual koyok herbal dan sendal akupuntur dengan harga yang spektakuler. dan benar saja raxindo ini adalah penjual koyo tersebut modus operandi nya sama mereka mau buka kantor cabang baru dan membutuhkan banyak karyawan dan karena pelamar yang banyak (?) this statment is questionable sekali. jd saya akan melalui 3 tahap interview, observasi dan test tertulis akhir tp perusahaan ini sedikit lebih bermodal karna menyiapkan kendaraan untuk mengangkut para sales koyo menuju lokasi dan menjual koyo-koyo mereka. ketika dipaksa masuk mobil saya berkelit dan berhasil kabur.

kepada rekan-rekan pencari kerja semoga info saya bermanfaat dan bagi rekan-rekan yang merasa memiliki kemampuan lebih dan ijazah yang layak agar tidak tertipu menjadi sales produk kesehatan yang sangat tidak jelas bagaimana dan apanya. tp bagi rekan-rekan lain yang ingin mencoba dan merasa cocok dengan 2 perusahaan tersebut silahkan saja mencoba. saya tidak bermaksud menutup jalan rezeki atau apapaun saya hanya menceritakan pengalaman rekrutmen saya yang sangat jauh dari apa yang saya lamar dengan kenyataan dilapangan. semoga rekan-rekan pencari kerja dan saya segera mendapat pekerjaan yang sesuai dan layak.

91 komentar:

  1. Sangat Bermanfaat Mba, Teman2 Wajib Baca

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya semoga para job hunter tidak ada yang tertipu seperti saya
      trimakasih sudah mampir ^^

      Hapus
    2. Serem bgt mau melamar pekerjaan aja dipersulit

      Hapus
  2. Saya tadi pagi juga hampir masuk perangkap macho group, nama prusahaanya PT. Cipta mandiri express, intinya g jelas banget malem' dpt sms untuk interview, dan sms itu saya trima jam 22.06..berhati-hatilah

    BalasHapus
    Balasan
    1. untung sempet googling ya sebelum tertipu lebih dalam seperti saya kmrn
      semoga kt segera dpt pekerjaan yg lebih baik yaa amin ^^

      Hapus
  3. Saya barusan tadi pagi masukan lamaran mba. Memang kantornya hanya rumah yg sedikit dipaksa menjadi kantor. Saya tadi sore dapat sms untuk besok pukul 13.00 interview. Karna saya penasaraan perusahaan apa itu Macho Grup saya gugling dan baca semuanya .. semuanya yang membuat saya sangat ragu untuk datang wawancara besok .. terimakasih info bermanfaatnya mba .. memang mestiny sebelum kerja kita harus tau sedikit ttg apa PT tersebut .. semoga PT Macho Grup dan kawan kawan cepat sadarkan diri ada cara cara mereka yang salah :)

    BalasHapus
  4. Lalu gimana dengan PT Mandiri Cipta Harmoni Group ? Apa termasuk penipu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kemaren baru dari pt tersebut dan sama disuruh observasi pembimbingnya menjual alat kesehatan bro...-_-

      Hapus
  5. Pt raxindo itu memang penipu besar.
    Katanya dia mau membuka cabang dan banyak membutuhkan karyawan, dan dia juga memposting kalau mereka membutuhkan adm,sekretaris,managemen, bagian gudang dan minimal tamatan sma/smk gilak ya iyalah banyak yang berbondong bondong kesana.
    Ternyata oh ternyata kita diajak pergi yang tempatnya sangat jauh dari pt raxindo dan mereka menjual koyok herbal.
    Licik banget ya otak para pekerja PT raxindo.

    BalasHapus
  6. Yaps, bner banget tuh. Gw di sms kalau gw harus datang jam 08.00 dan paling lama 08.45 dan gw tunggu terus ternyata tu wajah bocah" pada nongol jam 11.00 gw di ajak pergi jalan kaki, dan anehnya gw sedikitpun gak boleh ngeluarin uang, gw di ajak keliling" dan ternyata dia menjual obat herbal gitu.
    Lah bilang aja lo butuhkan sales/marketing kenpa lu bilang, lu butuhin adm,sekretaris atau apalah, semoga lu lu yang di pt raxindo bisa tobat yee!
    Penipu besar lu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pt mg macho groub y seperti yg saya alami apkh pt itu benar" Sales apa bagaimana

      Hapus
  7. Aku asli sidoarjo. Pengalaman pribadi barusan kamis kmaren aku daftar, jumat udah diajak observasi. Aku mah gak negatif sma sekali awalnya, tp yaah ujung"nya nyeles. Org macho group emang gtu, iming" manager, tp disuruh nyeles. Dibilang sales gamau, katanya "perusahaan bisnis yang mengutamakan pengembangan bisnis n sdm melalui jasa distribusi" shit yang ada. Bro bray itu PT macem" tp groupnya tetep 1. Kalo macho group itu gak dipungut biaya bro. Tp tetep aja lu nyeles. Atiati ajah lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah sharing dan mampir ^^
      semoga bermanfaat buat rekan pencari kerja lainya

      Hapus
    2. Baru juga msh retrain hr pertama ngocehny ud sok tau banget :v .. Kalo blm tw pasti jangan ngomong sembarangan Mas ..

      Hapus
    3. Masnya dari pt macho ya? Kok di setiap blog komennya gitu terus? ��

      Hapus
    4. Saya mantan anggota pt macho. Yang penting diambil pembelajaran positifnya guna utk berkembang.

      Hapus
    5. Saya mantan anggota pt macho. Yang penting diambil pembelajaran positifnya guna utk berkembang.

      Hapus
    6. Perusahaan penipu. Jangan ada yg lamar

      Hapus
  8. Apa yang di ruko panji makmur A20 yaa... Soale besok mau saya datengin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kurang tau juga saya mas
      kalo modus operandi sama sperti yang saya ceritakan kemungkinan sama

      well terimakasih sudah mampir ^^

      Hapus
  9. Saya juga dapat panggilan tes dari PT. MATHA group di malang di jl. Ciliwung. Ternyata pas nyampek kantornya ealah namanya jadi PT. MACHO group. Mulai sinilah saya curiga. Emang bener awalnya dibawa ke pelosok2, dan para pembimbing tersebut ngajak sarapan di sebuah warung kenalan mereka. Terus saya tanya "ini observasinya dimana dan ngapain aja mbak-mas?". Salah satu mereja jawab "masih terus ke atas mbak, nanti kami jelaskan kalau sudah sampai di kampung". Buseeeetttt masih jauh lagi, makin horor aja nih, ni warung udah pelosok bgt di sawah2 n gag ada nama daerahnya juga. Langsung kabur aja dah saya. Pantesan aja gugling pt matha group kok gag nemu2 perusahaan bidang apa ini, ternyata oh ternyata pt macho group. >.<

    BalasHapus
  10. Jadikan pengalaman aja ya mas/mba karna udah terlanjut dateng jd lain kali ga tertipu lg

    Dan semoga mas/mba segera dpt kerja yg sesuai keinginan
    Amin

    BalasHapus
  11. Wah, beneran sales ya? Aku jg sempet diajak observasi n katanya sih gk nyales ya, cuma dbilang fokus sama attitude & motivasi.

    BalasHapus
  12. : .apa kah pt MACHO yg ada di jalan kartini di bali juga nipu ya.. soalnya saya juga nglmar dsna.. dan udh ketrima.. mohon infonya gan...

    BalasHapus
  13. : .apa kah pt MACHO yg ada di jalan kartini di bali juga nipu ya.. soalnya saya juga nglmar dsna.. dan udh ketrima.. mohon infonya gan...

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. saya lho kerja di MACHO GRUP, asik-asik aja kok.. memang ya kita langsung terjun ke lapangan, tp kita ga nyeles sama sekali.. we just to promote our product , dont for to buy... jadi am sekali ga ada target.. jenjang karir jg jelas... gaji gede.. soo, minta tlg bgt.. jangan mencoba menebak sesuatu kalau kalian masih pakai kacamata hitam.. gelap, remang-remang pasti.... mohon maaf kalau kata" sy tidak berkenan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. sekarang masih asik2 saja,tapi nanti lo diajak pindah luar pulau,crew lo habis atau ga bisa berkembang,disitulah kamu akan ngerasain,yakin bisa terus berkembang??
      sekarang dengan hati nurani lo,kelapangan bawa surat tugas,tipu2 dr RS mana trus katanya mau ngadain seminar atau apalah,ngaku mahasiswa,dengan menjual alat2 kesehatan abal2 yg harganya sebenernya dibawah harga standar,dijual dengan harga 200-300ribuan,ngomongnya harga diluaran jutaan rupiah..masaa alloh..dibilang begitu cari duit halal?? halal dr hongkong..

      Hapus
  16. as you have your right to say what you feel and what is your opinion about working at macho group. so do i, i have the same right as you.

    the story that i post is 100% based from my experince and that mean i've been on the situation. i hope it can clear you generalization 'pakai kaca mata hitam'

    and also you can read from the botom of my post, if this is the job that you want then go with it, BUT everyone can say their opinion it's not always as same as yours.

    once i again i repeated my self i post this article to let peoples know, not to spread hate.

    i'm sorry but what do you mean with 'dont for to buy?' maybe we can start a healthy discussion here. thankyou ��

    BalasHapus
  17. Jangan asal ngomong kalo GK tau ato bahkan hanya sok tau.. Emangny qm bisa nebak suatu makanan itu enak Tampa mencicipiny..
    So, jangan asal jelek" in kalo GK tau ato phm 100% 😏😏

    BalasHapus
    Balasan
    1. is Tanpa not Tampa kamu bisa cek di KBBI (Kamus besar bahasa Indonesia)

      hanya orang yang berfikiran sempit yang menilai tulisan saya di post ini sebagai 'menjelek-jelekan'
      saya mengalami 100% kenyataan atas kejadian yang saya post disini.

      dan saya menceritakan sesuai sudut pandang saya selama kejadian berlangsung.

      dan lagi setelah dicicip makanan itu baru bisa di kategorikan enak atau tidak, sementara nilai enak itu sendiri adalah relative bagi si pencicip.

      sekarang jaman nya FREEDOM OF SPEECH.
      semua orang berhak atas kebebasan berbicara dan berpendapat.

      Hapus
    2. Saya juga kemarin ngelamar nama nya MCH group trus stelah saya Googling gak nemu, sesampainya pas interview disana itu ternyata macho Group. Kantor nya di Bukittinggi, Sumatra barat.orang2 disana bilang klau itu ekspedisi.

      Hapus
  18. Malah sy dl smp trainning d bandung ujung2nya observasi door to door jual panci teflon mas dian..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan smp kalian ikutin nti kalian ikut trainning d luar kota kyk bandung medan bahkan papua semuanya gratis klo udah smp disana mau kabur gak punya duit trs yg ada jdinya mbambung kalian disana..hihi

      Hapus
    2. Jangan smp kalian ikutin nti kalian ikut trainning d luar kota kyk bandung medan bahkan papua semuanya gratis klo udah smp disana mau kabur gak punya duit trs yg ada jdinya mbambung kalian disana..hihi

      Hapus
  19. Malah sy dl smp trainning d bandung ujung2nya observasi door to door jual panci teflon mas dian..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini based dari pengalaman nyata ya mas/mba.
      jadi sangat lucu kalo mereka pada komen kita ga 'mencicipi makanannya dulu baru tau enak'

      masalah timbul setelah posisi yang dilamar tidak sesuai dengan pekerjaan yang dilapangan.
      seperti melamar sebagai admin tapi kok malah disuruh jualan teflon ya kan mas/mba ?

      terimakasih sudah share pengalamana mas/mba

      Hapus
  20. alhamdulillah mbak makasih infonya
    ini sangat bermanfaat sekali.

    baru saja saya sms PTnya
    dan saya brosing brosing lokasi
    ternyata banyak informasi negatiif tentang perusahaan tersebut

    makasih infonya mbak ,semoga bermanfaat buat smua orang

    BalasHapus
  21. saya pernah .
    waktu saya main ditaman dekat rumah saya.
    ada wanita yg minta nomer hp dan nama .
    katanya itu tugas dari dosennya
    karna dia kuliah dibagian pariwisata.

    saya kasih nomer dan nama saya tapi tidak alamat saya.
    setelah itu saya di sms yg mengaku dosennya.

    setelah itu mahasiswa itu sms saya ingin menjadi teman saya.
    setelah itu dia menawari pekerjaan.

    dia mengaku kuliah sambil kerja.
    setelah saya ikut dan ketemu dia.
    katanya akan ada iven diperusahaanya dia.

    sampai tujuan.
    banyak mobil dan motor ,kalanganya itu anak anak muda.
    saya disuruh masuk dan seperti ada penyuluhan masalah pekerjaan.

    saya ingin kabur tidak bisa karna terlalu banyak orang disitu
    pemimpin perusahaan itu memberikan seritifikat agar orang percaya kalo perusahaan itu sahh .

    saat pembubaran saya pulang dengan motor saya.
    sebelum keluar saya didata dan dipaksa untuk ikut dan membayar biaya administrasi pendaftaran.

    sampai menyuruh saya untuk mengadaikan motor dan ho saya akan ditahan.
    saya dicegat 5 orang agar saya ikut dan motor saya dihentikan

    saya merasa tidak aman
    langsung saya tabrak orang yg menyadangi saya dan saya langsung kabur

    tidak ada yg terluka saat itu
    saya panik dan marah marah dengan orang yg ingin menjadi teman saya itu .

    teman teman hati hati walaupun dengan temen sendiri yg kita kenal.

    bisa saja temen kita menjebak kita untuk mendapatkan keuntungan

    karna dioerusahaan itu kita disuruh mencari 2 orang dan dua orang itu suruh mencari 2 orang lagi dan seterusnya
    itu hanya disuruh membeli kalung kesehatan yg harganya kira kira 10 jt'n

    ini pengalaman saya saja
    semoga bermanfaat untuk yg membacanya

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  23. Waduh ngeri kalau lihat pengalaman kayak gitu, masalahnya saya juga kemarin baru saja ngasih lamatan ke macho group yang di jalan Gajah no 88 semarang. memang lumayan aneh sih tempatnya memang ruko tapi dalamnya masih berantakan banget terus sepi gak terlihat aktivitas kerja. selain itu ada mbak-mbak yang menerima surat lamaran saya dan stylenya enggk menunjukan orang yang kerja kayak orang maen.tapi saya sempat berfikiran positif sih mungkin aja baru pembenahan karena baru buka cabang. eh tapi setelah melihat komentar dari mbk/mas. saya taku kalau jadi korban penipuan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener saya juga barusan lihat blog ini saya jadi mengurungkan niat saya untuk datang kesitu karena memang disana enggak ada nama PT yang terpampang disana sangat mencurigakan menurut saya

      Hapus
    2. yahhhh padahal udah senang ada panggilan besok, ternyata oh ternyata. makasih mas blognya bermanfaat

      Hapus
  24. Saya dipanggil wwncara sm PT Mandiri Adi Putra Express tp sampe sana namanya brubah jd PT Mandiri Cipta Harmoni dan mnrt saya mmg bnr ap yg dibilang blok ini.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Kalau pt mch mandiri canter gimana? Dijalan godean km 4 jogja Hari ini saya habis tes tapi aneh ruko disulap jadi kantor n ga da papan nama perusahaa trus cara omongnya mereka dibuat meyakinkan dan sok ramah gt lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo modus operandi sama seperti yang saya ceritakan waspada saja mas, semoga terhindar dari segala macam bentuk penipuan ya mas.

      Hapus
  27. Terima kasih mas, sangat brmanfaat. Kjadian yg mas alami sangat mirip dgn kjadian yg saya alami td siang di pt.macho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anytime mas, glad my share is helping you :)

      Hapus
  28. Makasih infonya
    Pengalaman saya hampir sama
    Pertama tau info loker dari kantor pos, tpi di brosur loker nama PT nya bukan PT. MANDIRI CIPTA HARMONI atau MACHO nama PTnya PT. MACIHA. Sebelum nglamar sih udah seaching dulu tpi ngk ketemu yg namanya PT.MACIHA. ok lah coba2 aja nglamar. Trus bsoknya ada pangilan interviuw, sama kyk pengalaman temen2 bilangnya test pengamatan e malah diajak door to door ke rumah warga buat nawar in alat kesehatan dari jam 9an sampek jam 4sore. Firasat udah ngk enak.. trus abis itu masih ada interviuw juga. Dari situ ditrima kerja jadi administrasi dan besok senin itu ad trening. Setelah baca blog ini sama komen2 temen2 semua jadi mundur aja deh. Besok ngk usah dateng trening.
    Makasih buat infonya.

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Gua juga habis dikadalin sama PT MANDIRI CIPTA HARMONI. Tapi lowongan yang gua dapet atas nama PT MANDIRI ADI PUTRA GROUP. Gua ngelamar Management Trainee, terus disuruh ikut tes observasi. Gua kira bakal dianter ke rumah sakit / pabrik gitu. Tapi gua penasaran, waktu diboncengin naik motor sama trainernya gua coba2 browsing tentang perusahaan ini. Eh, ternyata ini perusahaannya gak jujur dan bener ditraining jadi SALES DOOR TO DOOR gan! (Apanya yang Management kalo jadi sales alat kesehatan). Nyesel karena gua cari infonya telat. Setelah masuk ke-4 rumah di sebuah kompleks kecil. Gua langsung bilang terimakasih atas pengalaman sales ke trainernya dan gua mengundurkan diri. Tapi si trainernya bilang kalo gk mau nganterin gua balik ke kantor gan! Siapa yang gak kesel?? Motor gw disuruh ninggal sama manager trainernya. Jarak dari TKP ke kantornya kan jauh kalo jalan. Gua bilang ke trainernya kalo gw bakal bilang ke orang2 kalo caranya gak jujur gini. Akhirnya gua balik ke kantor setelah dijemput temen gua. Sebelumnya gua udah ambil foto2 waktu si trainernya nawarin produk alat kesehatan ke penduduk setempat dengan kesan "memaksa" untuk membeli. Gua juga foto gedungnya. Habis gua mau ambil motor, gua sempetin foto nama asli PT MANDIRI ADI PUTRA GROUP ini (PT MANDIRI CIPTA HARMONI GROUP) yang ada di dinding kantor. Tapi habis itu mba2nya yang bagian rekrutmen marah2 gan karena dia mikir kalo gua mau nyebarin hal ini ke orang2. Gua dibilang pengangguran belagu dan dia juga bilang mau lapor ke polisi,dll... Wuakakakakakaka. Habis itu gua bilang. "Lu kalo mau nipu orang ga begini caranya! Gua juga masih bisa kerja diperusahaan lain! Perusahaan2 diluar sana juga pada ngantri buat ngerekrut gua su!."

    Semoga tidak ada lagi orang2 yang terjerumus oleh perusahaan ini, dari awal udah gak jujur. Gimana kedepannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas buat infonya, besok saya ada interview di situ. Namanya pt MG tp ga tau singkatannya tu apa. Alamatnya jln gajah raya no 88 Semarang. Sebelum interview besok saya coba cari review tentang pt tsb. Dan ternyata surprise nemu blog yg kasih tau info ini. So thank you so much. Karna kebetulan saya jg blm terlalu tau daerah Semarang, takutnya malah di ajak ke pelosok Semarang dan ga bisa pulang. Memang iming2nya menggiurkan karna banyak posisi yang ditawarkan. Kebetulan juga saya melamar jadi HRD . Tp kayaknya ga mau saya ambil, ga mau juga kerja kok tipu2. Semua nanti di pertanggung jawabkan kpd Allah. Malah ga berkah gajinya.

      Hapus
  31. baru pulang intervew di pt mandiri cipta harmoni,Bayak kejanggalan yg saya tmukan di pt trsbut..
    1. Tidak ada logo ataupun nama prusahaan didepan kantor..
    2. Tidak ada komputer, dan berkas berkas di meja, dan mejanya pun cuman ada 2 ( tmpt hrd, tmpt meet), sedangkan komputer itu alat operasional penting perkantoran..
    3. tidak ada aktivitas kerja di kantor ( Sunyi)..
    4. datang pagi dsuruh yel yel di loteng sma karyawan yg lain..
    5. diajak sarapan, stelah kmbali kekantor, karyawan yg lain pada ilang, ttpi mtoornya msih ada didepan kantor, kmungkinan lage piknik keperumahan..
    6. bnyk posisi yg ditawarkan dengan gajih yg menakjubkan ,seakan akan sukses itu instan :v..

    itu pengalaman sayaa yg didapat saat intervew pagi tde smpai jam 12, trimakasih

    BalasHapus
  32. Aku kemarin ya ngelamar di PT itu,ketika aku melihat comnent2 ini,aku langsung teringat PT kacho itu yang bertempat di jalan gunung batu JEMBER,masak karyawanya tindik an di kuping,katanya sih dia itu manager di tempat itu,ketika aku tanya samean kuliah di mana mas,aku kukiah di UB.loh kok sama dengan aku mas,aku tanyak samean angkatan thun berapa,dia bilang 2011.loh kok sama ya mas,ketika aku nanyak2 tentang ipk,dia jawab kalau IPK nya 9,langsung panik aku.....aduh prasaanku bakalan dibodohin aku ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHAHHA IPK 9 ANJING GOBLOK BENER ITU ORANG

      Hapus
    2. Ngakak anjir ipk 9 tuh gimana woyy 🤣

      Hapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Mau kasih pengalaman aja nih.
    Tadi aku abis tes di PT Macho, ku pikir nama PT nya beneran Mandiri Center. PT Macho ini ada di Jl. Godean km 4 samping SPBU Banyuraden Yogyakarta.
    Pertama kali dateng q di suruh nugu adalah 2jam ngantuk gk tuh...! Terus tiba2 banyak yang turun, ada salah satu karyawannya nyamperin q manis banget (ramah) tanda pengenal disitu dy sebagai konsultan.
    Aku pikir bakal tes tertulis kayak di kantor2 lain, ternyata sama kayak mb di atas tesnya di lapangan td di sekolah daerah kota gede sama rumah2 warga. Aku cuma di suruh ngamatin aja katanya, tp ternyata ujung2nya seles ya. Yg konsultan ini emang baik banget, yg nawarin makan sama dah pokoknya kayak pengalaman mb yg diatas.
    Tp tetep q lanjut sampai sore, karena q masih penasaran aja. Seegaknya belajar bersosialisasi lebih luaslah.
    Lanjut, setelah udah selesai tuh keliling kembali ke kantornya dan di situ langsung interview dengan manajer nya dan di nyatakan kalo saya lolos. Aku disini ngelamar sebagai administrasi, kalian mau tau apa kata managernya. Dy suka dengan sikap q yg ramah, ada jiwa kepemimpinan.
    Oh ya q nanya td dgn manager itu, saya sudah keterima terus saya sekarang bekerja di bagian apa? Karena saya melamar di bagian administrasi.
    Dan jawaban itu adalah yang menentukan posisi km ada di mananya adalah diri km sendiri, rada aneh gk sih dengan jawaban begitu??
    Terus q tanya lagi, terus bagaimana saya bisa menentukan posisi saya dgn cara apa? Dy jawab Anda besok datang lg dan melihat pekerjaan serta mengenali terlebih dahulu perusahaan ini. Aku cuma jawab oke.
    Sebenarnya ada rasa ragu dan pingin q lanjutin lg, karena q masih penasaran ini perusahaan apa sih sebenarnya? Tp mikir2 kalo kerjaan gk berkah sama aja aku makan uang haram dong 😂
    Ada yang punya saran kah, lanjut atau tidak?
    Tp serius yaa ini perusahaan penipuan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambahan lagi yaa, katanya sih perusahaan di bidang travelcare (e-club) semacam kartu seperti atm dan kalo punya itu bisa dapet banyak potongan diskon 30-50% aktifasi cuma 150rb dan itu hidup seumur hidup. Yg dapet diskon itu seperti wahana di seluruh Indonesia, kuliner, askes, SPA,sampai termasuk umroh.
      Td ada 2 orang yg ngawasi q, yg satu nawarin e-club itu.
      Nah tp kita pisah q ikut yg satunya (konsultan) ke rumah warga, ternyata di situ nawarin prodak parfum katanya asli dr paris tau benar atau gk.
      Dan yg q amatin katanya sih 2 minggu lg bakal ada launching parfum itu di plaza ambarukmo lantai 2 mlm minggu.
      Masih penasaran sih bener ada atau egak, makanya antara pingin lanjut ngamatin perusahaan itu atau gk.
      Tp kalo di lanjut hasilnya nihil, sama aja buang2 waktu, tenaga dan biaya soalnya jauh Kaliurang-godean tiap hr naik gojek hikz 😂
      Sudah lah ya, q cuma minta saran semoga ada yg mau bales. Aku udah capek ngetik.

      Hapus
    2. Mundur aja mba faqih. Aku dulu juga gitu. Aku daftar pas akhir februari. Training kedua aku langsung mundur

      Hapus
    3. Heheh. Kalo kantornya di Bali di Jln. Kartini No. 140 . Aku dapat pengalaman hari ini di kantor itu. Kalo di papan iklan namanya PT. MACIHA DEWATA GROUP. Eh ternyata nama aslinya PT. Mandiri Cipta Harmoni Group. Waktu masukin lamaran, langsung di respon sama adminnya di depan. Trus disuruh ikut wawancara bsoknya. Dalam hati aku udah gak enak. Kok langsung ya inyerviewnya. Padahal bsoknya setelah memenuhi undangan interview malah diajak nyeles parfum yg katanya asli Paris dn harganya jutaan tp jualannya katanya promo jadi hanya 200rbuan. Bener2 gak jelas. Trus dapat jadwal interview ke dua. Udah illfill. Dan gak mau kesitu lagi..

      Hapus
    4. Ya saran aja intinya jangan gampang percaya dg perusahaan yg menawarkan gaji besar dan berbagai posisi krn saya juga prnh tertipu 2 jt dg alasan unt cek darah ,tp gk ada cek darah dan unt biaya administrasi tp tololnya aku ngikut aja kayak org di hipnotis hahahhaaha

      Mas / mbak jangan gampang percaya di cek dlu aja kebenaranya


      Semoga jd pengalaman buat kita semua.

      Hapus
  35. Wow amzing banget y cara jebakan betmen nya sampe klh acara uya kuya, hehe untung sy nemu ini blog dan baca2 dari komen2 rekan2 yg udh mau berbagi, sy jg baru melamar diperusahaan PT.Mandiri Cipta Harmoni Jl. Karya Cilincing No.10 Medan. berawal sy lht loker di olx yg terpampang mengatasnamakan "Warung Suko-Siderejo Jatim" yg mau buka cabang di wilayah Medan & posisi yg sy lamar bag. HRD namun posisi itu sdh ada yg mengisi, sy beralih ke posisi bag. gudang. Singkatnya sy dipanggil utk interview & dtg ke kantor pagi jam 8, sy datang terlambat & disuruh isi form, setelah itu interview dan sharing2 dg managerial dari PT. MG (Macho Group), ilfeel jg langsung nebak ini perusahaan MLM (hanya dlm hati yg menerka2, namun sy msh penasaran & ingin tau lbh lanjut), tim managerial yg interview sy mengatakan klo sy diterima & bsk sy disuruh dtg jam 07:15, lagi2 sy dtg terlambat 30 menit, si MT (Manager Trainee) kelihatan dari raut mukanya udh ga sreg sm sy yg dtg molor,hahahaha aneh aza lht ini perusahaan dimana2 jam kantor masuk 07:30 (wilayah Medan) ini koq pagi bener, anak2 baru disuruh masuk ke dlm ruangan terkecuali sy seorang diri yg dioper ke MT lain yg bernama "Fadhel" asal dari padang usianya msh muda jauh dari sy, gaya serasa seperti big boss,ngoceh2 ga jelas,ngejelasin tentang perusahaan baik visi maupun misi & menyatakan bahwa perusahaan ini bkn sales & jual product namun lbh mengarah door to door (lha ini apa lg ya,setau sy yg namanya door to door itu ya sales atau penjual product atau Lembaga Survey namun utk pilihan lembaga survey tdk door to door melainkan face to face,hhmmm rasa penasaran & kecurigaan makin tinggi), haha lagi2 hati sy tertawa ngelihat tingkah si MT ini yg nyerocos ga jls & beselemak bersalahan ngejelasinnya,but it's okey suka2 tuch org,bicara tentang attitude namun prilaku & gaya si MT sangat2 minim attitude nya (maaf ya ini penilaian sy secara pribadi lho, walaupun mungkin attitude sy jg ga bagus2 amat), setelah MT nerangin & jelasin panjang lbr dia nanya ke sy "paham kan & ada pertanyaan?", sy jawab "paham,but no question for now". Si MT nyuruh sy senin utk dtg coz mau kelapangan utk uji mental & di dampingi olh si MT Fadhel utk hari sabtu ini cukup & sy dipersilahkan utk pulang, sy bilang ke MT nya klo senin tgl merah libur nasional itu hari isra miraj, akhirnya deal hari selasa tgl 25 April 2017 utk dtg kembali, jd training di hari sabtu tgl 22 April 2017 hanya berlangsung 45 menit saja (amazing banget ini perusahaan, training nya cuma jlsin our company, vision & mission,just that,okey lah klo begitu). Sepulangnya sy ketawa2 sendiri (mana udh bawa bekal utk makan siang eh ga taunya training cuma 45 menit doank luar biasa, baru kali ini sy training di sebuah perusahaan waktunya begitu cepat hehe), sampai di rmh sy cb searching di mbah google eh nemuin blog ini,trims y gan atas infonya & utk tmn2 yg udh sharing2 disini, akhirnya ane mutusin ga bakal balik lg ke itu perusahaan bagus cari perusahaan yg lbh maknyus dan lbh jls serta proporsional,ga banyak 'big lies' seperti perusahaan MG,maaf ya perusahaan MG bkn bermaksud utk menjelekan perusahaan anda, namun cobalah bersikap proporsional dlm perekrutan karyawan & jk pasang loker hrs bersifat terbuka jgn melakukan 'big lies' semua sharing2 di blog ini bersifat masukan2 yg positif, seperti MT ktkan membentuk karekteristik positif thinking, so utk para MT hrs bersft positif dlm menanggapi hal ini y. Nah, To colleagues all of whom should be vigilant,akal & pikiran kita hrs hdp & lakukan tes logika terhadap diri kita & bertanya kpd diri kita,apakah mungkin??? bener ga sech??? Maaf terlalu panjang komen nya,wkwk kesimpulannya PT. MANDIRI CIPTA HARMONI (MACHO GROUP == MG) adalah perusahaan yg bergerak dlm bisnis MLM (direct bisnis) so semua ada ditangan rekan2 bagaimana menyikapi perusahaan MG tersebut. cmiiiw...

    BalasHapus
  36. terimakasih sudah share edwin
    semoga bisa bermanfaat buat yg lain

    BalasHapus
  37. Ya ampun untung aja saya mengurungkan niat untuk kesana ya, setelah coba searching di google ternyata memang gak ada ini "PT" ( kala itu nama PT yang saya baca adalah PT MANDIRI GROUP bergerak dibidang alat2 kesehatan, kebetulan ini ane cabang semarang gan, dari bentuk tempatnya aja udah mencurigakan soalnya ruko dan tidak ada nama PT yang terpampang sama sekali, dan disana hanya ada mbak mbak berpakaian casual disitu dan waktu itu aku sempet lihat2 kedalam ternyata gak ada aktivitas sebagaimana orang2 kantor yang kerja malah ruangan kosong aja disitu, tapi saya terlanjur sudah ngasih berkas lamaran 2 minggu yang lalu, dan ini saya dapat sms dari nomor handphone dan disuruh dateng sama persis yang kayak agan2 bilang, tapi saya urungkan niat saya karena saya juga sudah enggak sreg, makasih berkat blog ini saya tidak jadi ketipy

    BalasHapus
  38. Nyesel banget baru tau info nya sekarang , aku udah 2 hari training , tapi pengen berhenti aja setelah tau info ini , makasih info nya

    BalasHapus
  39. Kalo yang di malang PT MACHINDO RAYA Malang ? Jl. CILIWUNG KAV 5 Depan pom bensin itu gimana? Nipu juga gak?

    BalasHapus
  40. yg buat blog ini semoga panjang umur dan lancar rezeki 😇😊

    BalasHapus
  41. Saya td dpt pnggilan jg hbis mghrib dr pt. MG jg yg di jgja... Dsruh tes interview jm 8...agak janggal jg sih masa ngasih info bkan pda hari n jm kerja... Untung baca blog ini stlah nyari2 PT.MG itu sndiri di mbah google..

    BalasHapus
  42. Saya juga baru hari ini di pt macho., hehe
    Kadang suka geli n ngakak klo teringat saya pura2 senang karena sudah diterima, tapi besoknya saya ga datang training.. Hahaha

    Ada produknya? Ada, alat kesehatan n pariwisata
    Pekerjaan yg diutamakan? Kepemimpinan utk merekrut orang n membina orang. Semakin tinggi kualitas kepemimpinannya, maka semakin naik jabatan. Artinya, jabatan tertinggi dimiliki oleh orang yg telah memiliki bawahan yg sudah sangat banyak.

    Apa anda senang di pt ini? Tidak. Saya ngelamar sbg admin, tapi ditrainer ke lapangan. Sangat tidak linear n tidak logis. Ke lapangan itu pekerjaannya sales atau leader yg memperkenalkan bawahan agar bisa nyales atau agar bawahan bisa menjadi contoh utk bawahannya lagi.

    Apa yg mencurigakan?
    1. sales yg mengaku leader terkesan kurang professional
    2. Klo promosi produk sering berbohong
    3. Bawahan yg diajak observasi lapangan selalu dibelikan makan. Seperti ingin mengambil hati.
    4. Pekerjaan yg ditonjolkan n dihargai adalah kemampuan memimpin sdm agar sdmnya punya sdm. Jadi job admin, gudang, dsb, itu kurang prioritas atau bahkan tidak ada.
    5. Ktanya yg ditraining itu yg baru melamar, nyatanya yg sudah 2bulan disana juga masih ke rumah2 warga menawarkan barang. Artinya, ini bukan perusahaan manufaktur/ penjual produk, tapi lebih ke perusahaan merekrut2 orang utk menjadi bawahan n semakin meningkatkan jabatan atasannya.

    BalasHapus
  43. Tambahan
    6. Lowongan rekrutmen dari 2016sampe sekarang masih dibuka. Artinya, ini tidak butuh sdm spesialis, tapi hanya butuh orang apapun sbg bawahan.
    7. Gaji yg ditawarkan besar, sampe 4 juta. Sangat tidak logis utk pelerja lulusan SMA.

    Lain kali klo nyari lowongan, saya ada saran:
    1. Pastikan perusahaannya jelas profilnya. Cari di google. Klo ga ada profil lengkapnya, mending lewati saja.
    2. Pastikan perusahaan tidak menunjukkan gaji. Klo menunjukkan gaji artinya mereka sedang mengiming2i pelamar dengan uang. Perusahaan professional selalu melakukan negosiasi gaji, bukan mengumbar janji gaji.
    3. Pastikan setiap spesialis di pt tsb punya kriteria pelamar yg berbeda. Jika semua spesialis membutuhkan kriteria yg sama, maka sudah pasti itu perusahaan hanya mencari orang, bukan mencari pekerja yg ahli dibidangnya.
    4. Lebih aman, sebaiknya hanya melamar ke perusahaan yg direkomendasikan oleh lembaga2 pendidikan anda.

    BalasHapus
  44. Bener, saya juga ngalami di cabang jogja. Ngga ada papan nama perusahaan, admin kok disuruh observasi lapangan, hadeeeeeeeh. Untung langsung bisa kabur, nggatau deh temen yg lain gmn wkwk

    BalasHapus
  45. Kira2 bisa gak perusahan penipu mcam ini d laporkan kepolisi..

    BalasHapus
  46. Gau juga baru aja dari sana,gua dari medan,alamat nya di medan jalan t.hamir hamza pas depan griya soup,hatihati gan aku ngelamar bagian gudang,pas hari ke dua puasa di suru keliling keliling door to door jual prodak kesehatan orng itu,pas pula hari jumat alesan pigi sholat jumat,dia minta nomor hp ku,ku kasi nomor hp palsu,siap sholat cuss aku pulang

    BalasHapus
  47. Kira² kalau di PT MG group dimedan gimana gansis penipuan gak ya? Soalnya sudah saya search juga di google gak ada info jelasnya mengenai profil perusahaan. Mohon infonya. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aja. Itu satu produk. Penipu. Saya mantan karyawannya wilayah banjarmasin BOS-sok (bosok) ribut wijianto search aja di fb. Dari islam jadi murtad

      Hapus
  48. Kak Kalau Pt. MG di sidoarjo itu nipu ta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan masuk perangkap MACHO jadi macul sawah kau. Sales penipu

      Hapus
  49. gaess tadi saya ke kantor pt macho group cabang sumenep kemaren saya di WA katanya jam 8 pagi harus ke kantornya
    ya tadi pagi saya ke kantornya tapi saya ngerasa gk nyaman juga kok kantor kayak gitu yaa ternyata rumah gitu gaess.gk kayak layaknya kantor"gitu karyawan"nya ada di belakang lagi yel yel gitu. saya di depan lagi ditanya"anehnya kok bisa sambil nyalain musik sekenceng itu loh
    katanya saya disuruh observasi yaa katanya tesannya itu seharian kira"sampek jam 4 baru pulang padahal kan saya ngelamar sebagai administrasi. tadi jugak saya di baik baikin katanya mau di belikan sarapan gitu
    ya udah saya gak jadi aja kerja disitu. katanya kalo gk sanggup sekarang bisa dateng besok jam 8 jangan telat
    gimana ya gaess saya dateng nggk yaa

    BalasHapus
  50. Kok sama ya kak dengan yang saya alami, saya baru saja taruh lamaran nya di PT. Macho Group cabang Sumenep datang jam 08 lalu disuruh observasi ke lapangan ke pelosok dan nyaris ke daerah Pamekasan untuk menawarkan barang.

    BalasHapus
  51. Benerr banget itu saya kemarin baru ngasi lamarah udh di sms di suruh interviu aneh sekali dan hrd nya itu memaksa saya suruh datang ke tempat sampai telfon 8x spam wa anjirr hrd apa ini , logikanya kalo emg pt ini tdak penipuan ga mungkin banget hrd sampe spam wa telfon ke saya , hilih ogahh bangett jadi seless udh beli skincare mahall , dan haturnuhun buat blog ini ������

    BalasHapus
  52. hari ini baru aja tes, telat baru nemu blog ini heuheu. ane malah disuruh nyanyi sama nari ga jelas gan, auto pura pura nelpon lgsg cus pulang

    BalasHapus
  53. Saya baru aja ketipu di PT ini. Hari jumat kasih surat lamaran. Sabtu nya disuruh interview kan saya tes nya harusnya disolo. Tapi ngga tau kenapa bilangalnya tesnya kejogja buat tes psikotes. Ya kalau ngga tau apa2 kan mikirnya nanti tesnya ada kreaplin, menggambar, pertanyaaan seputar dunia kerja bahkan ada matematikanya juga. Lha ini disuruh ke lapangan buat observasi alias nyeles�� jauh2 dari rumah pergi ke jogja motoran lah disana disuruh kek gitu. Sebenernya udah curiga juga sih sama perusahaan ini tapi rasa kepo ku masih ada. Sorenya dinyatain lulus trus senin disuruh trinung. Aku ambilnya staf gudang. Aku kira triningnya emang dibagian gudang ternyataaaa terjun dilapangan lagi�� ini skin care mahal2 dipake buat panas2an. Ogah kalau gua. habis itu selasanya aku udahh ngga balik kesana lagi. Kecewa banged��

    BalasHapus
  54. Kalau buka lowongan ga usah nipu2, bilang aja jadi sales.pake ribet2 amat, ujung2nya buang2 waktu,...

    BalasHapus